Day 1 (Part I) – Perjalanan Menuju Amsterdam, Belanda

Haiii, seperti yang sudah dijanjikan kemarin bahwa saya akan membahas tentang perjalanan Studi Komparatif dari kampus menuju Eropa. Jadi, bagi yang belum tahu, saya adalah seorang mahasiswi jurusan Hubungan Internasional di UNIKOM Bandung. Nah, prodi kami memiliki program bernama Studi Komparatif, mengunjungi negara lain dan belajar tentang short diplomatic, meskipun dalam prakteknya lebih banyak city tournya heuheu. 2 tahun yang lalu, saat saya masih menjadi mahasiswa baru, prodi kami melakukan studi komparatif ke Korea Selatan. Dan gemes banget karena gak bisa ikut huhuhu (padahal mupeng bgt). Nah untuk tahun kemarin, ada sedikit peningkatan, karena biasanya studi komparatif hanya sekitar negara-negara Asia, kali ini agak sedikit jauh, sampai ke Benua Eropa. Dengan negara tujuan yaitu Belanda, Belgia, Perancis, Swiss, Italia dan Turki. Sekian prolognya xD sekarang saya akan menceritakan bagaimana serunya perjalanan studi komparatif kemarin hehe.

Pada tanggal 13 November 2016 kemarin, kami bertolak dari bandara Soekarno-Hatta Cengkareng menuju Bandara Schiphol, Amsterdam. Rombongan kami berjumlah sekitar 55 orang termasuk dosen dan travel agent. Kami sudah berada di bandara kurang lebih pukul 5 sore, saat itu kami diberi tiket untuk makan terlebih dahulu. Sedangkan pesawat yang akan kami gunakan adalah Turkish Airlines, jadi nantinya kami akan transit di Istanbul. Setelah makan, kami diberi petunjuk untuk berkumpul di meeting point sebelum pukul 7, karena pesawat akan take off pukul 9 malam. Jadi kami harus check-in, mengurus imigrasi dan boarding sekitar pukul 7.

20161113_190008
(Foto saat sebelum boarding)

Kami tiba di Istanbul setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 12 jam. Bagi yang penasaran selama diperjalanan ngapain aja, atau makanannya gimana, nanti akan saya update lagi yaa ceritanya hehe. Setelah mengurus imigrasi, kami menunggu pesawat yang akan membawa kami menuju Amsterdam sekitar 3 jam. Suhu di Istanbul sendiri sudah mulai terasa dingin, namun saya belum mengeluarkan coat, hanya memakai longjohn dan sweater seragam. Saat itu di Istanbul pukul 4 shubuh, perbredaan waktu antara Indonesia dan Istanbul sendiri adalah 5 jam. Jadi saat itu kami sholat shubuh dan bersiap untuk melanjutkan perjalanan. Setelah kurang lebih menunggu 3 jam, akhirnya kami boarding kembali, pesawat lalu take off kemudian landing di Bandara Schiphol setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam 40 menit.

Setelah turun dari pesawat, udara dingin langsung terasa, dan saya masih belum mengenakan coat. Suhu saat itu mencapai 4° C. Langsung excited sendiri karena ada asap yang keluar dari mulut saat bicara lol norak emang xD setelah turun dari pesawat, ada bus yang sudah menunggu dan siap mengantarkan kami ke area imigrasi. Di sana kami ditanyai maksud dan tujuan kami datang ke Belanda, dan ditanyai berapa lama kami akan menetap, tapi karena melihat jumlah rombongan kami yang lumayan banyak, akhirnya proses ini hanya berlangsung secara singkat, mungkin hanya sekitar 3-5 menit per orang. Setelah itu kami menunggu bagasi, membawa barang-barang. Ini nih aktifitas yang lumayan capek, karena setiap hari kami harus berganti negara dan pasti setiap check in maupun check out hotel kami harus membawa-bawa koper dan hand bag yang lumayan berat. And finally, we were arrived in Amsterdam, yaaay!

Panjang juga yaa, padahal ini baru nyeritain di jalannya aja lol. Nanti disambung di part 2 aja yaa, biar gak bosen bacanya hehehe. See ya!

Author: gitamaharestu

Hi.. I'm an International Relation Student and I'm a disney freak! Hope you enjoy my page. Thank you!